Kabupaten Cianjur dalam rangka melestarikan budaya batik dan mendaftarkan Hak Cipta merupakan salah satu cara untuk mempertahankan kekhasan budaya agar tidak diambil oleh Negara lain. Disamping itu harus dilakukan pemberdayaan kepada masyarakat yang bergerak dibidang murbey dan kokon sampai kepada pengolahan kokon menjadi benang dan kain, serta harus diciptakan kain menjadi batik yang memilikik ciri khas tersendiri untuk di Kabupaten Cianjur.

Kabupaten Cianjur yang memiliki berbagai potensi yang dimiliki namun belum sepenuhnya dan seluruhnya digali secara maksimal. Oleh karena itu diperlukan Lembaga Pengkajian Pengembangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik dan cindramata khas Cianjur yang perlu dipersiapkan dari segi kelembagaan, segi yuridis  segi manajemen sumber daya manusia, segi permodalan, pemasaran, teknologi, akses informasi, jaringan usaha dan lain sebagianya serta  dengan menggali berbagai potensi dan peluang yang dimiliki Kabupaten Cianjur.  Semuanya itu harus dilakukan secara baik, terkoordinasi dan sinergis dari Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat. Disamping itu untuk memberikan warisan terhadap generasi muda perlu dilakukan berbagai Pelatihan Instruktur supaya dapat meningkatkan wawasan pengetahuan dan ketrampilan khususnya tentang perbatikan di Kabupaten Cianjur yang pada akhirnya dapat menjadi pioner dan menyebarluaskan informasi dan membudayakan wirausaha dikalangan masyarakat tentang perbatikan di Kabupaten Cianjur.

Berbagai ide kreatif dan inovatif dari sebagian kalangan masyarakat Cianjur harus dapat diwujudkan salah satu wujud kepedulian masyarakat Cianjur adalah dengan terbentuknya  Lembaga Pengkajian Pengembangan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik dan Cindramata Khas Cianjur yang diberi nama HIBAR agar dimasa yang akan datang Perbatikan di Kabupaten Cianjur agar lebih jelas, terarah dan dapat dijadikan laboratorium/Percontohan di Kabupaten Cianjur.  Berbagai langkah-langkah yang positif dan tindakan yang kreatif perlu terus dilakukan dan terus didorong agar dapat mengembangkan daya pikir dan inovasi serta daya imajinasinya lebih terarah dan lebih baik.

 


Comments




Leave a Reply